10 Cara Membuat Dapur Ideal

Cara membuat dapur ideal – Memiliki dapur yang ideal merupakan dambaan setiap keluarga. Bukan hanya faktor kebersihan saja yang menentukan ideal atau tidaknya sebuah dapur. Namun faktor-faktor yang sepele namun sering terlupakan lainnya juga perlu diperhatikan. Seperti lokasi dapurnya atau letak peralatan dan alat-alat pendukungnya. Dan juga hal-hal sejenis yang membuat situasi memasak di dapur menyenangkan.

Berikut ini kami ulas 10 cara membuat dapur ideal idaman Anda.

10 Cara Membuat Dapur Ideal

1. Menentukan Letak Dapur

Dapur pada era terdahulu umumnya terletak tersembunyi di belakang rumah. Namun seiring perkembangan zaman, bisa diletakkan di bagian samping atau bahkan cenderung ke depan rumah. Yang perlu diperhatikan adalah penataan sistem utilitas dan jaringan listrik.

Tentunya selain karena kebijakan desain dari developer, selera pribadi juga turut menentukan. Tentukanlah posisi dapur ideal menurut Anda sendiri.

2. Buat Daftar Kebetuhan Ruang Dapur

Penggunaan dapur bagi setiap orang berbeda-beda. Sebagian menggunakan dapur hanya untuk tempat memasak. Sebagian lain hanya memanfaatkannya sebagai ruang simpan. Dan ada juga yang menggunakan dapur untuk dua hal tersebut.

Beda penggunaan tentunya beda kebutuhan ruang. Buatlah daftar kebutuhan ruang yang Anda butuhkan dengan lebih spesifik untuk dapur ideal Anda.

3. Bayangkan Alur Aktivitas Dapur Yang Pas

Ketika daftar kebutuhan ruang sudah Anda tentukan, saatnya Anda bayangkan alur aktivitas dapur disaat Anda sedang beraktivitas di dapur. Hal ini mempengaruhi efisiensi dari kegiatan Anda di dapur.

Ketika alur aktivitas sudah terbayang, maka Anda bisa menentukan posisi masing-masing alat dan bahan yang akan dibutuhkan ketika Anda beraktivitas di dapur. Sehingga Anda bisa memasak dengan nyaman dan leluasa.

Pertimbangkan pula alur aktivitas dapur yang bersinggungan dengan ruang-ruang yang berbatasan langsung dengan dapur

4. Atur Pencahayaan Yang Baik

Salah satu syarat utama desain dapur yang ideal adalah terpenuhinya pencahayaan untuk menunjang aktivitas di dapur. Baik untuk pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan.

Tanpa adanya pencahayaan yang baik, kegiatan di dapur, terutama memotong bahan makanan ataupun memasak akan terganggu.

5. Pilih Warna Sesuai Luas Dapur

Perhatikan pula pilihan warna yang akan Anda gunakan untuk membat dapur yang ideal. Sekilas, ide untuk memberikan warna sesuai warna favorit Anda terasa begitu menggoda. Namun utamakan warna dapur sesuai dengan luas ruangan, agar tercipta desain dapur yang ideal.

Secara psikologis warna-warna di dalam skema hangat, seperti kuning, jingga/oranye, dan merah, dapat menjadi stimulus yang baik pada ruang makan dan dapur. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan luasan dapur. Karena warna yang solid dan berani akan memberi kesan dekat dan sempit.

6. Pilih Material Yang Sesuai

Inovasi material dalam pembuatan dapur yang ideal terus berkembang dari waktu ke waktu. Sebelum membuat desain dapur yang ideal menurut versi Anda, cobalah pelajari jenis-jenis material yang ada di pasaran.

Kenalilah karakteristik dan cara perawatan setiap material yang ada. Jangan sampai menyulitkan Anda di kemudian hari dan akhirnya menyesal kemudian.

7. Siapkan Otomatisasi Kerja Dapur

Di era yang serba otomatis sekarang ini, seharusnya masalah seperti masakan gosong karena terlalu lama dipanggang atau digoreng sudah tidak terjadi lagi. Karena kini suddah tersedia beberapa alat dan piranti yang makin memudahkan Anda beraktivitas tanpa takut membuang energi yang berlebih.

Tentunya sesuaikan juga dengan budget Anda. Mana alat-alat memasak otomatis yang kira-kira paling Anda butuhkan dan pas di kantong Anda.

8. Siapkan Perangkat Keamanan

Hal ini sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Tapi justru resiko paling tinggi terjadi disebabkan karena tidak adanya alat-alat keamanan standar di dapur Anda.

Sebisa mungkin lengkapilah dapur Anda dengan perangkat keamanan. Misalnya tabung pemadam api (fire extinguisher) atau sprinkler untuk mengantisipasi kebakaran. Dan tak lupa pelapis lantai bertekstur untuk mencegah tergelincir.

9. Mencari Jasa Kontraktor

Apabila mewujudkan dapur ideal terasa berat Anda lakukan sendiri, cobalah gunakan jasa perancangan kitchen set dan jasa kontraktor dapat menjadi solusi. Untuk menjamin kualitas dapur ideal Anda pilihlah jasa perancang dan kontraktor yang memiliki pendidikan formal dan juga portfolio yang baik.

10. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Anda bisa mendesain dapur ideal idaman Anda sesuai imajinasi Anda. Namun yang tak boleh terlupa adalah sesuaikan dengan budget atau anggaran belanja Anda.

Banyak orang terjebak untuk mendesain dapur ideal dengan mewah namun tidak memperhitungkan anggaran yang dimilikinya. Tetap sesuaikan desain dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Buat skala prioritas bagian mana yang terpenting dan layak didahulukan.

Itulah 10 cara membuat dapur ideal, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat dapur ideal idaman Anda. Semoga bermanfaat.

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *