5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Rumah Minimalis

Apakah Anda sudah memutuskan membeli rumah minimalis baru? Apakah Anda sudah menetapkan budget untuk rumah minimalis baru tersebut? Apakah Anda masih belum tahu kriteria rumah minimalis yang baik seperti apa? Sebelum Anda memutuskan untuk memilih rumah minimalis yang mana yang akan Anda beli, berikut ini adalah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah minimalis.

5-hal-yang-perlu-anda-perhatikan-sebelum-membeli-rumah-minimalis

1) Lokasi

Lokasi, lokasi, lokasi. Itulah yang dikatakan para expert property untuk dasar kita membeli rumah minimalis. Karena memang lokasi menjadi salah satu faktor penentu yang paling penting ketika membeli rumah minimalis baru. Pastikan lokasi rumah minimalis baru yang Anda bidik memiliki lokasi yang stategis, mudah diakses, dekat dari jalan raya, dekat dari angkutan umum, dll.

Pastikan pula lingkungannya memiliki reputasi yang baik. Dekat dengan fasilitas-fasilitas publik (sekolah, mall, toko, dan rumah sakit). Dan juga jauh dari daerah industri. Tentunya Anda tidak mau kan tinggal di area yang bising dan lingkungannya rentan tercemar limbah industri?

2) Infrastruktur Lingkungan

Perhitungkan pula kondisi-kondisi infrastruktur lingkungan dan tempat umum. Seperti jalan-jalan umum, trotoar, taman, maupun tempat rekreasi. Apakah semua itu terawat dengan baik?

Yang perlu diperhatikan juga adalah jalur menuju lokasi tersebut. Mengingat beberapa perencanaan infrastruktur pemukiman belum terintegrasi ke seluruh akses. Terutama perumahan-perumahan minimalis yang kecil, yang biasanya hanya melakukan perencanaan di lingkup kompleks perumahan saja.

Pastikan daerah tersebut bukan daerah rawan banjir. Janganlah cepat puas dengan tulisan “BEBAS BANJIR” yang tertera di spanduk maupun brosur promosi. Anda bisa mengecek kondisi daerah tersebut, apakah berada di atas atau di bawah peil banjir atau batas ketinggian banjir, melalui dinas PU (Pekerjaan Umum) setempat. Anda tidak mau kan memiliki rumah minimalis rawan banjir?

3) Air

Kualitas air penting untuk Anda perhatikan. Terlebih lagi untuk menunjang kehidupan sehari-hari Anda nantinya. Tanyakanlah bagaimana kualitas airnya? Apakah sudah melalui uji lab? Apakah sudah layak minum? Biasanya kualitas air rumah minimalis yang dibangun di atas tanah kebun lebih baik daripada yang dibangun di atas tanah bekas sawah.

Hal yang penting untuk Anda perhatikan lagi adalah aliran airnya. Apakah lancar atau tidak? Misalnya aliran air di kamar mandi, tidak mengalami rembes. Tanyakan kemana air-air dari kamar mandi keluar. Lalu cek dengan mengguyur beberapa ember air di kamar mandi dan pastikan airnya keluar dari saluran di tempat keluar dengan lancar.

4) Fasilitas Publik

Perhatikanlah pelayanan publik dan kondisi tempat-tempat umum di sekitar lokasi rumah minimalis yang ingin Anda beli. Seperti jalan raya, jalan desa, trotoar, taman, saluran air, ataupun juga fasilitas rekreasi. Apakah semua fasilitas-fasilitas tersebut terawat dengan baik?

Juga tak ketinggalan perhatikanlah pelayanan publik seperti pengumpulan sampah dan sejenisnya. Tentunya Anda ingin tinggal di lingkungan yang bersih kan?

5) Legalitas dan Perizinan

Rumah Minimalis Anda bukan hanya menjadi tempat Anda dan keluarga berteduh dari paparan sinar matahari ataupun hujan. Ada pula aspek legalitas dan perizinan yang melekat di dalamnya sehingga Anda sah untuk memiliki rumah minimalis tersebut dan juga boleh untuk mendirikannya.

Ceklah legalitas rumah minimalis Anda. Apakah statusnya sudah SHM (Sertipikat Hak Milik )? Atau masih Girik, AJB (Akta Jual Beli ) ataupun SHGB (Sertipikat Hak Guna Bangunan)? Jangan lupa pula untuk mengecek keabsahan IMB nya ( Izin Mendirikan Bangunan ).

Nah, itulah 5 hal yang perlu anda perhatikan sebelum Anda membeli rumah minimalis. Pertimbangkanlah ke 5 hal tersebut, karena seringkali keputusan untuk membeli rumah minimalis merupakan keputusan terbesar di dalam hidup Anda. Anda dan keluarga mungkin akan tinggal di rumah minimalis tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, sebelum membeli rumah minimalis, pertimbangkanlah lokasi, infrastuktur lingkungan, kualitas air, fasilitas publik, dan juga legalitas dan perizinan rumah minimalis Anda tersebut.
Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda. ^_^

Baca Juga :

3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Minimalis

Buat Apa Sih Membeli Rumah Minimalis

5 Pertanyaan Yang Harus Anda dan Pasangan Anda Diskusikan Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Rumah Minimalis




NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

Kapan Saat Yang Tepat Membeli Rumah Minimalis?
views 177
Apakah Anda sedang bertanya pada diri Anda sendiri "Kapan ya waktu yang tepat untuk membeli rumah minimalis bagi keluarga saya?" Atau mungkin "Apakah ...
Anda Mau Beli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap? Per...
views 5.7k
Anda tentunya sudah tau bahwa untuk memiliki rumah ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Metode-metode tersebut antara lain adalah deng...
Mengapa Orang Indonesia Berusia 20-an Sudah Berhar...
views 276
Banyak orang beranggapan bahwa memiliki properti adalah pilihan menguntungkan bagi kelompok orang dewasa yang sudah mapan secara finansial. Tapi kini,...
5 Pertanyaan Yang Harus Anda dan Pasangan Anda Dis...
views 169
Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah minimalis Anda, seringkali Anda tidak sendirian dalam mengambil keputusan tersebut. Anda pasti mengkonsulta...
10 Keunggulan Investasi Properti di Algira Propert...
views 289
10 keunggulan investasi properti di Algira properti - Sudah bukan rahasia lagi jika investasi properti adalah pilihan investasi terbaik dibandingkan d...
Ragu Membeli Rumah Inden? Pahami Keuntungan Membel...
views 449
Keuntungan membeli rumah inden - Hingga saat ini, properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Salah satu jenis properti...

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *