Anda Mau Beli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap? Perhatikan Dulu Hal-hal Penting Berikut Ini!

Anda tentunya sudah tau bahwa untuk memiliki rumah ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Metode-metode tersebut antara lain adalah dengan membayar tunai atau cash, tunai bertahap atau cash bertahap dan juga kredit atau cicilan.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai metode pembayaran dengan cash bertahap.

Seperti namanya, pembayaran menggunakan cash bertahap ini merupakan metode pembayaran rumah secara tunai/cash, namun bertahap. Tentunya tahapannya tidak sepanjang ketika mengambil secara KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Oh iya, KPR disini maksudnya adalah KPR Syariah ya.. Yang tanpa bank dan sesuai syariat Islam.

Baca Juga : Ini Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba

Balik lagi ke cash bertahap. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah secara cash bertahap.

Hal-hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Secara Cash Bertahap

Jangka Waktu Pembayaran

Sebenarnya tidak ada patokan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pembelian secara cash bertahap ini. Tentunya harus disepakati antara kedua belah pihak. Baik itu pembeli maupun penjual.

Walaupun demikian, perlu Anda ketahui bahwa pembayaran dengan metode cash bertahap ini pastilah lebih singkat daripada pembayaran dengan metode cicilan atau KPR Syariah. Jika Anda membeli perumahan dari developer properti, biasanya yang termasuk dalam pembelian metode cash bertahap itu selama 1 tahun hingga 3 tahun.

Tahapan Pembayaran

Seperti halnya KPR Syariah, metode pembayaran dengan cash bertahap juga mensyaratkan pembeli untuk memberikan DP atau uang muka. Besarannya sendiri sesuai kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Namun ada juga beberapa developer properti yang langsung membagi jumlah harga yang harus dibayarkan dengan jangka waktu pembayarannya.

Sebagai contoh Anda membeli rumah seharga 300 juta rupiah secara cash bertahap selama 1 tahun. Tinggal dibagi saja harganya (300 juta) dengan jangka waktu 1 tahun (12 bulan). Atau sebesar 25 juta rupiah yang harus Anda bayarkan kepada developer setiap bulannya selama 1 tahun.

Perjanjian Dengan Developer

Perjanjian dengan developer sebelum Anda mulai membayar perlu Anda perhatikan juga. Seperti tahapan pembayaran Anda, atau kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan oleh developer.

Jika Anda membeli rumah di developer properti syariah, biasanya rumah dijual dengan sistem inden menggunakan akad istishna. Nah, perlu Anda tegaskan juga disini kira-kira kapan rumah akan dibangunnya? Pada saat uang Anda telah masuk berapa % baru rumah akan dibangun? Dan kapan Anda bisa melakukan serah terima unit dengan developer?

Hal-hal tersebut harus dituangkan secara jelas di perjanjian tersebut.

Baca Juga : Ini Ciri-ciri Perumahan Syariah

Promo Dari Developer

Ya, biasanya developer-developer akan memberlakukan promo-promo khusus bagi Anda yang membeli rumah secara cash atau cash bertahap. Promo disini biasanya berbentuk pemotongan harga sebesar beberapa persen dari harga jual standar.

Nah, disini Anda dituntut untuk pintar-pintar mencari promo dari developer. Kira-kira mana yang paling menguntungkan buat Anda. 🙂

Bonus Dari Developer

Selain promo-promo berupa potongan harga, biasanya developer pun memberlakukan bonus menarik bagi Anda yang membeli rumah secara cash atau cash bertahap.

Biasanya berbentuk kendaraan ataupun barang-barang kebutuhan sekunder dalam rumah tangga Anda. Seperti TV, Kulkas, AC, Kompor, dll.

 

Membeli rumah secara cash bertahap memang banyak untungnya. Selain dapat promo potongan harga dari developer, juga bisa dapat bonus-bonusnya. Tetapi walaupun begitu Anda harus tetap cermat dan cerdas dalam memilih rumah tersebut.

Semoga Anda semua, pembaca setia rumahsyariahberkah.com dimampukan untuk membeli rumah syariah impian secara cash bertahap. Aamiin. 🙂

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syaria...
views 1.0k
Solusi agar mampu membayar uang muka di perumahan syariah - Apakah Anda sangat mendambakan untuk memiliki hunian syariah yang penuh keberkahan? Sudah ...
5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli R...
views 104
Apakah Anda sudah memutuskan membeli rumah minimalis baru? Apakah Anda sudah menetapkan budget untuk rumah minimalis baru tersebut? Apakah Anda masih ...
Kapan Saat Yang Tepat Membeli Rumah Minimalis?
views 116
Apakah Anda sedang bertanya pada diri Anda sendiri "Kapan ya waktu yang tepat untuk membeli rumah minimalis bagi keluarga saya?" Atau mungkin "Apakah ...
5 Pertanyaan Yang Harus Anda dan Pasangan Anda Dis...
views 101
Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah minimalis Anda, seringkali Anda tidak sendirian dalam mengambil keputusan tersebut. Anda pasti mengkonsulta...
Buat Apa Sih Beli Rumah Minimalis?
views 90
Seperti yang telah kita ketahui bersama, rumah atau papan adalah kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan akan rumah minimalis yang layak huni dan nyaman. ...
Belum Juga Memiliki Rumah? Jangan-jangan Ini Penye...
views 123
Mahalnya harga rumah seringkali menjadi alasan utama yang menjadi penyebab orang tidak memutuskan untuk membeli rumah. Sebenarnya, jika mau di telaah ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *