Awali Hidup Sehat Dari Dapur Anda

Tanpa kita sadari, gaya hidup sehat (green living) sebenarnya sudah lama diterapkan. Jauh sebelum kampanye hijau ramai digaungkan, para arsitek dan desainer telah dituntut untuk menciptakan karya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan (sustainable design).

Artinya, apa yang mereka ciptakan mampu meminimalisasi dampak negatif terhadap lingkungan. Keindahan desain berjalan selaras dengan kondisi lingkungan sekitar.

Bagi Anda yang bukan berprofesi sebagai arsitek atau desainer bangunan, barangkali tidak dapat memberikan kontribusi besar terhadap dunia desain. Namun Anda dapat turut berkontribusi, walau sekecil apapun.

Cobalah Anda mulai menata dapur Anda. Awali hidup sehat dari dapur Anda. Ruangan ini memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah hunian. Disinilah Anda beraktivitas untuk mengolah makanan. Jadi, penting untuk memperhatikan apa saja yang ada di dapur dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Yang perlu Anda lakukan sebenarnya hal yang sederhana saja. Berikut ini beberapa poin penting yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan hidup sehat dari dapur.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Untuk Hidup Sehat Dari Dapur

Perhatikan pilihan material untuk dapur Anda

Perhatikan material furnitur dapur yang Anda gunakan. Terutama bagian meja. Jangan asal memilih dengan alasan murah harganya. Sebaiknya, hindari penggunaan kayu lapis, seperti MDF, particle board, atau melamin. Karena mengandung zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan, terutama untuk meja.

Urea formaldehyde adalah contoh senyawa kimia beracun yang terkandung di dalam particle board. Zat ini diyakini dapat menyebabkan penyakit kanker. Makin berbahaya lagi jika terkena panas yang ditimbulkan oleh kompor.

Model meja dapur dengan kombinasi material kayu dan granit. Gambar: otako.org
Model meja dapur dengan kombinasi material kayu dan granit. Gambar: otako.org

Bagaimana menghindarinya? Coba pilih marmer atau material alami, seperti kayu solid atau bambu. Penggunaan kayu solid disarankan karena bahannya aman bagi kesehatan dan juga tahan lama. Namun ingat, pilih yang bersertifikat untuk mencegah pembabatan liar (illegal logging).

Bambu tak kalah menarik. Selain mudah diperbaharui, bambu memiliki daya serap yang rendah. Tidak menyebabkan kelembaban dan merusak material lain di sekitarnya. Desainnya variatif. Dapat diolah bergaya natural dan keren juga didesain modern.

Yang tak kalah penting juga pemilihan material untuk atap dapur. Hindari pemakaian asbes pada plafon di dapur. Asbes yang rusak dapat menyebabkan debu jatuh dan beterbangan.

Partikel debu yang masuk ke dalam makanan pastinya berbahaya bagi kesehatan. Dan mengganggu pernapasan apabila terhirup. Lebih aman jika Anda memilih gipsum atau kayu yang bahannya lebih solid. Sehingga tidak menimbulkan debu dan kotoran.

Lalu selanjutnya pemilihan material penutup lantai. Pilih material penutup lantai yang tidak licin karena lantai dapur rentan terkena cipratan air dan minyak.

Gunakan material yang kuat menahan uap kuat menahan uap dan panas untuk dinding. Terutama panel latar furnitur dapur. Hindari menggunakan material yang bercelah besar atau bertekstur pada dinding dan lantai. Material tersebut sulit dibersihkan.

Atur pencahayaan dengan mengatur posisi jendela dan titik lampu

Alangkah baiknya jika dapur memiliki jendela untuk mengalirkan udara segar dan cahaya matahari ke dalam. Udara pengap yang berputar dapat digantikan dengan udara baru. Lebih hemat listrik juga sebab sinar matahari bisa menggantikan penerangan lampu.

Dapur dengan pencahayaan yang baik. Gambar: desainruangdapur.blogspot.com
Dapur dengan pencahayaan yang baik. Gambar: desainruangdapur.blogspot.com

Jika kondisi dapur Anda tidak memungkinkan untuk menempatkan jendela, letakkan beberapa titik lampu di plafon atau dinding. Sebuah penerangan general dan lampu downlight untuk penerangan fokus pada benda atau aktivitas, sudah cukup. Ingat, jangan terlalu banyak titik lampu sebab dapat menaikkan suhu ruangan.

Jangan remehkan hal-hal yang terlihat sepele ini!

  1. Matikan lampu atau peralatan listrik yang tidak perlu untuk menghemat listrik. Ingat, mayoritas pembangkit listrik di Indonesia menggunakan tenaga fosil, dan pembakarannya mengakibatkan pemanasan global.
  2. Segera buang sampah atau kotoran sisa memasak. Karena jika dibiarkan terlalu lama, sampah akan menimbulkan bau tak sedap dan kuman penyakit.
  3. Bersihkan peralatan memasak usai digunakan. Menundanya membuat kotoran semakin sulit dibersihkan dan tentunya tak enak dilihat.
  4. Hadirkan beberap pot berisi tanaman hijau di dapur. Udara jadi terasa lebih segar, tampilan ruang pun jadi tambah indah.

 

Itulah beberapa hal yang bisa membuat Anda bisa memulai hidup sehat dari dapur. Ingat, pikiran yang sehat berawal dari badan yang sehat. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Sumber: Majalah iDEA

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

6 Cara Ampuh Mengecat Rumah Sendiri Tanpa Tukang
views 122
Apakah Anda merasa suasana rumah Anda membosankan? Ingin mengganti suasana rumah Anda dengan suasana baru? Mengganti warna cat dinding rumah bisa menj...
Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syaria...
views 1.0k
Solusi agar mampu membayar uang muka di perumahan syariah - Apakah Anda sangat mendambakan untuk memiliki hunian syariah yang penuh keberkahan? Sudah ...
Tips Membangun Rumah Impian Anda
views 126
Tips membangun rumah impian - Berikut ini adalah infografis mengenai tips membangun rumah impian Anda. Tentunya tips ini cocok untuk Anda yang mau ber...
Ini 4 Jenis Sertifikat Properti Yang Wajib Anda Ke...
views 150
Jenis Sertifikat Properti - Kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang surat kepemilikikan Properti atau yang biasa disebut Sertifikat. ...
Tips Jadikan Rumah Anda Tetap Nyaman Di Musim Huja...
views 78
Musim hujan di Indonesia telah tiba. Dan diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Dampak dari tingginya curah hujan pun beragam...
Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran
views 190
Tak terasa lebaran hampir tiba. Salah satu momen yang paling ditunggu disaat lebaran adalah momen mudik alias pulang kampung. Bagi para perantau momen...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *