Belum Juga Memiliki Rumah? Jangan-jangan Ini Penyebabnya…

Mahalnya harga rumah seringkali menjadi alasan utama yang menjadi penyebab orang tidak memutuskan untuk membeli rumah. Sebenarnya, jika mau di telaah lebih lanjut lagi, bukan itu alasan utama mengapa orang tidak juga memiliki rumah.

Bisa jadi perilaku orang tersebut atau Anda lah yang menjadi penyebab utamanya. Sehingga cita-cita Anda dan keluarga belum juga tercapai hingga saat ini.

Loh kok bisa?

Yaah.. mungkin sebenarnya perilaku Anda tersebut bukan lah tidak secara sadar Anda jalani. Anda telah secara sadar menjalani perilaku tersebut. Namun, pembenaran-pembenaran seringkali muncul sehingga kebiasaan perilaku yang menghambat Anda untuk memiliki rumah tersebut terus menerus dilakukan.

Penasaran apa perilaku-perilaku tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini..

Perilaku Yang Menyebabkan Impian Memiliki Rumah Terhambat

1. Berusaha Mengikuti Tren Yang Sedang Berlaku Saat Ini

Orang mempunyai kecenderungan untuk mengikuti tren yang ada saat ini. Supaya tidak dibilang ketinggalan zaman. Supaya dibilang selalu up to date. Supaya dianggap sebagai generasi masa kini. Mungkin termasuk Anda. 🙂

Informasi mengenai hal-hal atau tren kekinian memang lebih mudah menyebar saat ini di era internet dan sosial media. Saat melihat sesuatu yang baru, apalagi yang sedang dipakai banyak orang, beberapa orang langsung berhasrat untuk mencoba atau bahkan memiliki hal tersebut.

Baca Juga : Solusi Membayar Uang Muka di Perumahan Syariah

Padahal, kenyataannya mengikuti tren tersebut bukanlah menjadi kebutuhan Anda. Tetapi hanya memenuhi keinginan atau nafsu semu yang sifatnya hanya sementara.

Apabila Anda terus menerus mengikuti tren yang ada dan mengikuti tren yang senantiasa berkembang, bisa jadi uang Anda akan habis untuk mendanai semua keinginan Anda tersebut.

Itulah mengapa, Anda harus berkomitmen untuk menabung untuk membeli rumah, dan mengendalikan keinginan untuk mengikuti tren terbaru ini.

2. Punya Uang Lebih? Traveling aja dulu…

Gairah kaum milenial untuk menjelajahi keindahan dunia begitu menggelora. Apalagi yang masih single dan belum mempunyai pasangan. Walaupun beberapa pasangan yang sudah menikah pun seringkali berperilaku seperti ini.

Sebagian besar dari mereka rela untuk menabung dan menghabiskan uang yang begitu banyak untuk bisa melakukannya.

Bila Anda termasuk orang-orang seperti di atas, yang terus mengalokasikan pendapatan untuk bertraveling ria, menabung untuk membeli rumah impian keluarga pun akan terus tertunda.

3. Punya Mobil Lebih Keren…

Kadang kala, dan sering terjadi, orang lebih memilih untuk membeli kendaraan terbaru ketimbang tempat tinggal. Kedua benda ini memang termasuk barang yang premium, yang harganya bisa di atas ratusan juta.

Itulah mengapa sangat jarang orang yang mampu membeli keduanya secara bersamaan. Dan harus menjatuhkan pilihan mana yang lebih diprioritaskan.

Nah, seringkali pilihannya jatuh pada mobil atau kendaraan pribadi. Karena bisa meningkatkan prestise dan gengsi orang yang memakainya.

Jika Anda sudah memiliki penghasilan lebih, mungkin keinginan untuk membeli mobil perlu untuk lebih ditahan terlebih dulu. Daraipada mencicil mobil, lebih baik mencicil rumah. Apalagi saat ini belum ada cicilan mobil yang murni syariah. Sementara pilihan untuk mencicil rumah secara syariah kini sudah bertebaran dimana-mana. 🙂

Selain itu, memiliki rumah tidak hanya membuat Anda lebih aman dan nyaman. Memiliki rumah juga merupakan prospek investasi masa depan yang lebih menjanjikan. Karena nilainya yang selalu naik, tidak seperti mobil yang justru semakin menyusut nilainya.

4. Menjadikan Kredit Sebagai Hobi atau Gaya Hidup

Punya penghasilan yang tidak terlalu besar, namun begitu banyak keinginan. Ujung-ujungnya akan memaksakan kemampuan dan membuat orang memenuhi keinginannya tersebut dengan cara kredit.

Penawaran cicilan melalui kartu kredit yang begitu menggiurkan, sehingga membuat yang memakainya pun terlena. Terkadang membuat kebabasan dan tidak bisa membayar cicilannya!!!

Sudahlah uang habis untuk membayar cicilan yang tak berujung, dilaknat Allah SWT pula..

Naudzubillah..

Baca Juga : Orang Indonesia Berusia 20-an Berharap Memiliki Rumah Sendiri

Dilansir dari situs finance.detik.com, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementrian PUPR, Lana Winayanti mengatakan bahwa masyarakat Indonesia terlanjur banyak menggunakan kredit konsumtif.

Biasakanlah diri Anda untuk tidak lagi membeli barang secara kredit. Gunting segera kartu kredit Anda (jika punya). InsyaAllah dengan begitu akan lebih mendekatkan impian Anda untuk bisa memiliki hunian penuh keberkahan dambaan keluarga.

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan di atas? Semoga Anda semakin semangat dan berkomitmen untuk segera membeli rumah impian Anda. Jangan sungkan untuk share artikel ini jika Anda rasa bisa bermanfaat untuk keluarga atau teman terdekat Anda.

Inspirasi artikel : Urbanindo

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

Mengapa Orang Indonesia Berusia 20-an Sudah Berhar...
views 181
Banyak orang beranggapan bahwa memiliki properti adalah pilihan menguntungkan bagi kelompok orang dewasa yang sudah mapan secara finansial. Tapi kini,...
Ini Dia Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba
views 17.0k
Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba - Kian hari harga rumah kian tinggi. Hampir pasti harga rumah dari waktu ke waktu akan selalu meningkat. Kalau sudah...
Anda Mau Beli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap? Per...
views 3.7k
Anda tentunya sudah tau bahwa untuk memiliki rumah ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Metode-metode tersebut antara lain adalah deng...
Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syaria...
views 1.1k
Solusi agar mampu membayar uang muka di perumahan syariah - Apakah Anda sangat mendambakan untuk memiliki hunian syariah yang penuh keberkahan? Sudah ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

One thought to “Belum Juga Memiliki Rumah? Jangan-jangan Ini Penyebabnya…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *