Ini Dia Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba

Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba – Kian hari harga rumah kian tinggi. Hampir pasti harga rumah dari waktu ke waktu akan selalu meningkat. Kalau sudah begini, makin sulit rasanya untuk memiliki rumah. Apalagi untuk pegawai yang peningkatan gajinya tidak setinggi peningkatan harga rumah.

Dengan begitu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun menjadi solusinya. Hanya dengan menyiapkan uang sekitar 10 – 20% dari harga rumah, sudah bisa memiliki rumah. Sisanya akan dibayarkan oleh pihak ketiga, dalam hal ini bank. Terlihat mudah. Dan rumahpun bisa langsung ditinggali.

Sayangnya…

Membeli rumah dengan menggunakan KPR bank sudah pasti membuat Anda akan terjerat riba. Iya, riba. Yang dosanya amat besar dan ancaman siksa dari Allah SWT pun sangat mengerikan.

Baca Juga : Belum Mampu Membayar DP Rumah Syariah? Ini Solusinya

Tapi tenang saja. Tidak bolehnya mengambil rumah dengan cara KPR melalui Bank bukan berarti  impian Anda memiliki rumah idaman harus dikubur dalam-dalam.

Sebetulnya ada beberapa cara dan strategi kreatif yang dapat Anda lakukan agar bisa memiliki rumah tanpa harus mencicil di bank.

Berikut ini kami ulas cara untuk memiliki rumah tanpa kredit bank yang sarat akan riba.

5 Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba

1. Beli Rumah Secara Cash

Beli rumah secara cash sudah pasti akan membuat Anda terhindar dari riba. Memang agak berat. Dibutuhkan perjuangan tak kenal lelah menapaki jalan terjal dan berliku untuk menabung demi tercapainya rumah impian Anda tersebut.

Memiliki motivasi untuk membeli rumah secara tunai atau cash juga bagus untuk Anda. Anda bisa berhitung sendiri, jika dengan penghasilan Anda yang sekarang, kira-kira berapa lama lagi Anda akan bisa membeli rumah.

Nah, dari situ pun Anda akan termotivasi dan akan tekun mencari ilmu bagaimana untuk meningkatkan pendapatan Anda. Untuk membuat karir Anda melesat sehingga meningkatkan gaji Anda.

Atau Anda juga bisa tekun mencari ilmu bagaimana caranya menghasilkan pendapatan sampingan yang maknyus. Agar tujuan Anda lebih cepat tercapai.

Dengan motivasi awal ingin membeli rumah secara tunai tersebut, akhirnya sumber-sumber pendapatan baru bisa Anda dapatkan. Luar Biasa.

2. Menabung dalam Dinar Emas

Ada permasalahan yang mungkin timbul jika Anda menabung dalam jangka waktu yang lama dan mengumpulkan uang tersebut untuk beli rumah secara tunai. Yap, nilai uang Anda akan tergerus inflasi.

Jadi, misalkan Anda mengidamkan rumah seharga Rp. 300 juta (saat ini), belum tentu harganya akan sama ketika uang Anda sudah terkumpul Rp. 300 juta nantinya. Biasanya harga rumah tersebut akan mengalami peningkatan dan harganya sudah melebihi harga yang dahulu Anda perkirakan.

Dengan kata lain, sampai kapanpun Anda tidak bisa memiliki rumah tersebut.

Baca Juga : Bolehkah Membedakan Harga Tunai Dan Kredit?

Bagaimana solusinya? Anda bisa menabung tapi dalam bentuk koin dinar emas atau emas dalam bentuk koin yang beratnya 4,25 gram. Di abad ke 7 Masehi, satu koin dinar emas bisa membeli seekor kambing. Hari ini, dengan jumlah koin dinar emas yang sama, Anda masih bisa membeli seekor kambing terbaik.

Ini artinya selama kurang lebih 14 abad, dinar emas tidak terpengaruh dengan inflasi.

Nilai tukar dinar emas per tulisan ini dibuat adalah sekitar Rp. 2.069.000 per 1 koin dinar emas.

Jadi, jika Anda ingin memiliki rumah senilai Rp. 300 juta, Anda harus mengumpulkan sekitar 145 koin dinar emas. Seberapa lama pun jangka waktu Anda menabung, Anda masih bisa membeli rumah yang senilai Rp. 300 juta (saat ini) itu.

Ketika sudah terkumpul 145 koin dinar emas, tinggal Anda jual atau tukarkan koin dinar emas itu dengan uang tunai. Atau jika Anda pandai bernegosiasi, Anda bisa membayar menggunakan koin dinar emas kepada penjual rumahnya.

3. Beli Tanahnya Dulu, Bangun Rumahnya Kemudian

Cara ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membeli rumah tanpa riba.

Anda cari lokasi dimana Anda dan keluarga akan tinggal nantinya. Kemudian cari tanah yang ingin dijual di daerah tersebut. Beli tanahnya. Jika Anda belum memiliki cukup uang untuk membangun rumahnya, Anda masih bisa lanjut menabung.

Harga tanah saja tidak akan semahal jika Anda membeli rumah yang sudah jadi. Malah ada beberapa keuntungan jika Anda memilih menggunakan cara ini.

  • Dengan biaya yang tak jauuh berbeda dengan harga rumah jadi, Anda bisa memiliki luas tanah yang lebih luas.
  • Anda bisa mendesain denah rumah dan juga tampak depan rumah Anda sendiri. Benar-benar seperti membangun rumah yang benar-benar Anda inginkan.
  • Bisa dapat untung besar bila Anda jual lagi. Harga tanah tak pernah turun dari tahun ke tahun.

Yang Anda butuhkan adalah ilmu untuk mencari lokasi tanah yang strategis. Jadi tanah yang akan jadi rumah Anda tersebut memiliki nilai investasi tinggi.

4. Membeli Rumah Dengan KPR Syariah

Maksudnya membeli rumah dengan KPR dari Bank Syariah?

Bukan.. bukan.. Bukan dengan bank syariah. Tapi KPR dengan akad yang sesuai syariah.

Bank Syariah pada praktiknya masih menggunakan sistem bunga (yang erat dengan riba) dengan istilah yang berbeda. Lalu juga masih menggunakan sistem denda apabila terlambat bayar, administrasi, dan juga melakukan penyitaan rumah.

Memangnya yang seperti apa sih KPR Syariah itu?

Setidaknya ada beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki agar KPR tersebut sesuai dengan syariah.

  • Harga jual yang jelas di awal perjanjian. Nilai totalnya jelas tersebut diawal beserta cara pembayarannya. Tidak boleh ada kelebihan walaupun hanya sebesar Rp. 100 saja.
  • Transaksi langsung dengan penjual (developer). Tidak melibatkan pihak ketiga, yang mana pihak ketiga tersebut mengambil keuntungan karena transaksi jual beli ini.
  • Cicilan tetap. Dari awal mula hingga lunas, nilai cicilan tetap. (pelengkap poin pertama).
  • Tanpa denda. Adanya denda merupakan suatu bentuk penambahan nilai terhadap harga jual. Yang mana tentu tidak diperbolehkan (pelengkap poin pertama).
  • Tanpa sita. Rumah yang sudah ditransaksikan, tidak bisa diambil secara sepihak oleh pihak penjual. Ada ketentuan-ketentuan yang dituangkan di awal perjanjian apabila pembeli gagal bayar. Tapi bukan dengan cara disita dan dilelang secara sepihak.

Kini, di tanah air, sudah banyak developer-developer lokal yang mengusung konsep perumahan syariah. Mereka menjual rumahnya menggunakan KPR Syariah, kredit yang insyaAllah murni syariah transaksinya. Dan jelas akadnya.

Baca Juga : Alasan Rugi Ambil KPR Konvensional

5. Membeli Rumah Dari Hasil Marketing Property Syariah Freelance

Hmm.. cara terakhir ini memang agak out of the box atau sangat spesial. 🙂

Ya, Anda bisa membeli rumah dari hasil komisi menjadi Marketing Proerty Syariah Freelance.

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa kini makin banyak developer yang mengusung konsep perumahan syariah tanpa riba. Dan kebanyakan developer membutuhkan orang untuk mendakwahkan sekaligus mempromosikan kebaikan ini.

Tentunya disertai dengan imbalan yang nilainya berkisar antara 2 – 3 % dari harga jual rumah. Nah Anda bisa mengumpulkan uang untuk Uang Muka (DP) membeli rumah melalui KPR Syariah melalui cara ini.

Dan yang paling asyik, menjadi marketing property syariah freelance tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Anda bisa saja masih kerja di kantor sambil memasarkan property syariah ini.

Bahkan ada developer yang memberikan komisi besar + jalan-jalan ke luar negeri jika Anda bisa mereferensikan properti mereka kepada calon pembeli. Dan tanpa menemani survey pula. Hanya sekedar share ke media sosial milik Anda atau posting di marketplace property dan komisi besar dan reward jalan-jalan ke luar Negeri tetap menjadi milik Anda. Enak sekali bukan? 🙂

Jika Anda tertarik untuk mengambil kesempatan emas ini, silahkan klik link berikut : Peluang Marketing Properti Online . Masukkan Kupon SYARIAHBERKAH untuk mendapatkan potongan 50 ribu rupiah. Jika Anda butuh bantuan silahkan kontak 081218126971 (Nasuha Alhuda).

Jadi memiliki rumah idaman dengan cicilan tanpa riba bukan lagi menjadi mimpi di siang bolong bagi Anda.

——————————

Itulah beberapa cara dan solusi untuk membeli rumah tanpa riba yang bisa Anda gunakan. Sesuaikanlah dengan keadaan Anda. InsyaAllah, Allah SWT akan memberikan jalan dan kemudahan bagi Anda yang memang berniat memiliki rumah tanpa riba.

Saya doakan, agar Anda lekas dimampukan oleh Allah SWT untuk membeli rumah syariah yang penuh keberkahan. Aamiin Ya Rabbal Alamin..

 

Salam Sukses Mulia Penuh Keberkahan

 

Ilustrasi gambar: properti.kompas.com

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

Ini Perbedaan Transaksi Riba dan Syariah Yang Perl...
views 1.6k
Banyak orang yang belum paham dan bertanya-tanya mengenai transaksi yang mengandung riba dan transaksi yang syariah. Pertama-tama yang perlu kita keta...
Ini Ciri-ciri Perumahan Dengan Konsep Perumahan Sy...
views 2.4k
Seperti yang Anda sudah tahu, akhir-akhir ini semakin banyak bermunculan perumahan yang mengusung konsep perumahan syariah. Makin tingginya kesadaran ...
Ilusi RIBA… Dan Kita Menikmatinya !
views 687
"Waaah selamat ya bu.. Mobil baru nih, platnya masih putih, interiornya masih wangi bau pabrik.." "Eh.. Iya.. iya jeng, makasih.. Alhamdulillah dik...
Masih Mau Mengajukan KPR Konvensional? Ini 5 Alasa...
views 965
Bagi Anda yang sedang mencari-cari rumah ideal pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Bahkan mungkin saking banya...
Mau Perumahan Syariah Yang Benar-benar Cocok Denga...
views 553
Alhamdulillah Blog Rumah Syariah Berkah telah tayang selama beberapa bulan. Dan selama waktu itu juga Blog ini telah menghadirkan tulisan-tulisan yang...
Bolehkah Membedakan Harga Tunai (Cash) dan Cicilan...
views 1.3k
Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa di dalam perumahan yang mengusung konsep syariah terdapat harga yang berbeda? Biasanya memang perumahan yang meng...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

10 thoughts to “Ini Dia Cara Cerdas Beli Rumah Tanpa Riba”

  1. Assalamualaikum akhi, dimana letak KPR Bank Syariah itu riba nya dan bukankah itu dilegalkan oleh ulil amri kita (Pemerintah/MUI) ?

    1. Walaykumsalam warahmatullahi wabarukatuh..

      Menurut kami, letak ribanya ada pada sistem denda yang diterapkan di bank syariah. Bukankah dengan mengenakan denda, secara tidak langsung akan menambahkan pula harga total yang harus dibayarkan pembeli? Nah tambahan itu lah yang disebut riba..

      Wallahu’alam

    1. Saat ini belum ada developer rumah syariah tanpa bank dan tanpa riba di Medan yang berafiliasi dengan rumahsyariahberkah.com. Kami pun belum tahu apakah sudah ada developer syariah di daerah Medan. Mohon doa dan dukungan dari pak Sulaiman agar segera hadir perumahan syariah tanpa riba di daerah Medan dan sekitarnya..

    2. Pak Sulaiman,
      Perkenalkan saya Muflih.
      Saya dan beberapa rekan sedang berusaha mengembangkan properti syariah di medan. Masih baru melangkah, dimulai dari riset/survey lokasi, perizinan, kemampuan calon pelanggan, dll.
      Untuk itu tolong bantu mengisi survey berikut:
      bit.ly/SurveyPerumahanSyariahMedan

      Tolong sebarkan juga pada masyarakat medan.
      Terima kasih.

      1. Wah mantap.. Barakallah pak Muflih.. Semoga perjuangan teman-teman di Medan diberi kemudahan dan diberkahi Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *