Kebutuhan Teknologi Informasi Pada Bisnis Developer Properti

Ditulis oleh: Awal LD / Software EiCEs Properti

Apa saja sebenarnya yang menjadi bagian penting dalam manejemen keuangan pada bisnis developer perumahan? Kita tau kalau menjadi developer properti membutuhkan modal yang tidak sedikit serta kepercayaan atas image produk yang harus terus terjaga.

Kondisi di lapangan sangat dinamis oleh karenanya diperlukan pegangan yang kuat dengan cara-cara membuat kemitraan antar developer, pemodal maupun dengan kontraktor. Disisi implementasi proyek diperlukan dukungan sistem monitoring khususnya di aspek keuangan disamping dukungan personil.

Perancanaan dan Pengendalian Anggaran

Saat ini dukungan teknologi informasi untuk developer properti sudah menjadi keharusan. Memantau secara real time perbandingan antara anggaran dengan  realisasi di lapangan adalah hal penting. Developer menyiapkan rancangan anggaran sebagai dasar pengitungan HPP (harga pokok produksi) atas dasar empat komponen : tanah mentah, biaya pajak, fasos-fasum – persiapan teknis kawasan dan biaya konstruksi rumah. Anggaran ini adalah  perkiraan yang paling mendekati dan disebut standard cost, maka anggaran saat dibandingkan dengan realisasi bisa terjaga dengan baik (dinamis/adjustable).

Pemasaran

Pemasaran adalah aktifitas penting berikutnya yang juga butuh dukungan informasi teknologi  di dalam pengendaliannya. Dari sinilah dimulainya kegiatan keuangan developer properti. Pemesanan unit rumah,  aktifitas pembayaran dan tunggakan serta dokumentasinya harus mudah terpantau.

Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan harus lebih cepat tersajikan dan hanya melalui dukungan teknologi informasi real-time  ini bisa terwujud. Selain mengakomudir kebutuhan manajemen perusahaan atas informasi-informasi  keuangan  terkini dan yang akan datang (profit dan kecukupan dana untuk proyek selanjutnya).

EiCes Properti, Sebuah Dukungan Teknologi Informasi Untuk Developer Properti

Kini developer properti bisa lebih mudah bekerja karena adanya otomatisasi dan kemudahan akses  aspek pemasaran dan keuangan  melalaui dukungan teknologi informasi.  EiCes Properti adalah software yang bisa menjadi dash board monitroing kegiatan developer properti. Kemudahan akses ke kegiatan pemasaran dan keuangan dari berbagai lokasi via jaringan internet dan mobile menjadi solusi atas masalalah-masalah jarak, pemborosan waktu dan kesalahan perhitungan keuangan bisinis developer properti.

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *