7 Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Properti Untuk Menjual Rumah

Keuntungan menggunakan jasa agen properti – Anda mau menjual rumah Anda? Tapi sayangnya Anda tidak mempunyai waktu untuk menanggapi calon pembeli yang akan berdatangan?

Menjual rumah memang perkara yang gampang-gampang susah. Gampang karena di era informasi seperti sekarang ini, siapapun bisa beriklan menggunakan media internet. Baik media yang berbayar maupun yang gratisan.

Susah karena rumah bukan barang yang digunakan sehari-hari. Dan harganya yang tinggi juga membuat orang yang akan membelinya membutuhkan banyak pertimbangan. Seperti survey lokasi, lingkungan, harga, diskusi dengan keluarga/ pasangan, dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda yang ingin menjual rumah tanpa susah dan tanpa menyita waktu Anda yang berharga, Anda bisa menggunakan jasa agen properti.

Apa sajakah keuntungan menggunakan jasa agen properti bagi Anda selaku penjual rumah? Berikut ini kami sajikan untuk Anda.

7 Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Properti Untuk Menjual Rumah

1. Anda tidak perlu kontak langsung dengan pembeli

Saat Anda menggunakan jasa agen properti, Anda tidak perlu melakukan kontak langsung dan berhubungan dengan calon pembeli. Jadi Anda tidak perlu menyebarluaskan data pribadi Anda seperti nomor telepon.

Proses negoisasi hingga menjelang deal dengan calon pembeli dilakukan oleh agen properti. Tak perlu Anda repot-repot menjawab segala pertanyaan dari calon pembeli. Dengan begitu, waktu Anda yang sangat berharga tidak akan terbuang dan privasi Anda terjaga.

2.  Agen properti paham harga pasar

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda ketika mau menjual rumah? Pasti harga kan? Hati-hati, harga adalah salah satu faktor utama pertimbangan orang untuk membeli rumah. Salah menentukan harga bisa membuat Anda rugi. Atau rumah Anda susah lakunya.

Agen properti yang handal paham betul mengenai harga pasar rumah yang ingin dijual. Dengan begitu, agen properti bisa membantu Anda untuk menentukan harga jual yang sesuai.

Lalu, agen properti juga bisa membantu Anda untuk menegosiasikan harga dan mengusahakan agar harga yang didapat baik untuk Anda.

3. Agen Properti memiliki jaringan kerja yang profesional

Keuntungan menggunakan jasa agen properti selanjutnya adalah agen properti memiliki jaringan kerja yang luas dan profesional.

Agen properti akan merekomendasikan rumah Anda kepada pihak lain di jaringannya. Entah itu klien yang pernah membeli rumah darinya, ataupun calon-calon pembeli yang pernah menghubunginya dan pas kebutuhan rumahnya dengan rumah Anda.

Tentunya dengan hal tersebut makin memudahkan Anda untuk mendapatkan calon pembeli.

4. Agen properti memiliki strategi pemasaran dan skill negoisasi yang jitu

Jika Anda menjual rumah Anda sendiri, biasanya Anda hanya akan memasang iklan pada media-media iklan, kemudian tinggal menunggu telepon dari calon pembeli.

Walupun terkadang cara tersebut juga bisa berhasil, namun ada kalanya cara tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk berhasil.

Keuntungan menggunakan jasa agen properti dalam hal ini adalah agen properti memiliki strategi pemasaran yang jitu. Disesuaikan dengan kondisi, lokasi, dan kriteria rumah Anda. Rumah Anda tidak asal ditawarkan ke sembarang orang, namun tertarget pada orang yang benar-benar membutuhkan rumah dengan kriteria seperti rumah Anda.

Tentunya hal ini akan memperbesar kemungkinan terjualnya rumah Anda dengan cepat.

Ditambah lagi dengan skill negoisasi yang dimiliki membuat calon pembeli tambah yakin untuk membeli rumah Anda.

5. Keamanan dokumen dan legalitas

Tanda Tangan Dokumen Jual Beli RUmah - Gambar: telnotary.com
Tanda Tangan Dokumen Jual Beli RUmah – Gambar: telnotary.com

Ketika transaksi jual-beli properti, dokumen menjadi satu hal yang sangat penting. Karena bila ada yang terlewatkan, Anda bisa berurusan dengan pihak hukum.

Jadi Anda harus benar-benar teliti ketika menandatangani dokumen dan loegalitas jual beli.

Nah, keuntungan menggunakan jasa agen properti dalan kondisi ini adalah pihak agen properti tahu betul mengenai dokumen dan legalitas transkasi ini.

Anda tak perlu repot-repot untuk mempelajari dan menganalisis dokumen-dokmen yang ada. Serahkkan saja pada agen properti. Dan mereka akan mempelajari dan menganalisisnya untuk Anda. Sangat membantu Anda ketika bertranskasi.

6. Agen properti membantu menjawab pertanyaan setelah transaksi

Setelah Anda menandatangani berbagai dokumen yang berkaitan dengan jual-beli rumah, jangan anggap masalah jual beli sudah selesai. Ada beberapa hal yang masih perlu dibereskan ketika sudah ada tanda tangan jual beli.

Antara lain mengenai masalah pajak, faktur, notaris, teknis serah terima kunci, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan hal-hal teknis semacam ini, Anda bisa menyerahkannya pada agen properti.

Agen properti akan selalu membantu Anda menyelesaikan permasalahan tersebut. Tentunya dengan berbagai solusi yang tepat untuk memecahkan masalah-masalah tersebut.

Anda tinggal duduk manis dan menerima transferan pembayaran rumah Anda. 🙂

7. Tidak hanya membantu Anda kini, namun juga nanti

Agen properti yang baik akan menjaga hubungan baik dengan penjual maupun pembeli properti yang pernah berhubungan dengannya.

Jadi agen properti tidak hanya membantu Anda pada tahap penawaran, negoisasi, dan ketika transaksi properti saja. Di masa depan Anda juga bisa memanfaatkan jasanya.

Misalnya ketika Anda telah berhasil menjual rumah Anda melalui agen properti. Setelah dapat uang hasil penjualan rumah tersebut, Anda ingin menginvestasikannya kembali ke rumah yang lain. Rumah yang lebih murah harganya atau lebih bagus kondisinya.

Nah, tak usah jauh-jauh, agen properti tersebut bisa langsung membantu Anda mencarikan rumah sesuai kriteria Anda.

 

Itulah 7 keuntungan menggunakan jasa agen properti untuk menjual rumah Anda. Sangat membantu bukan?

Ikuti selalu info-info rumah minimalis lainnya hanya di RumahMinimalisIndo.net 🙂

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

3 Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah Minimalis And...
views 78
Harga Rumah Minimalis di lokasi-lokasi tertentu seperti di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Balikpapan, dan kota besar lainnya cender...
Rumah Susah Laku Dijual? Mungkin Anda Melakukan 5 ...
views 269
Anda sedang menjual rumah Anda. Entah itu untuk keperluan yang mendesak atau untuk mengalihkan investasi di tempat lain. Namun hari demi hari, minggu ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *