Ragu Membeli Rumah Inden? Pahami Keuntungan Membeli Rumah Inden Berikut Ini

Keuntungan membeli rumah inden – Hingga saat ini, properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Salah satu jenis properti yang diburu oleh masyarakat dan juga investor adalah rumah. Tentunya jika dibandingkan dengan jenis properti lain. Rumah masih menjadi idola dan primadona karena memiliki nilai jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen.

Jika Anda ingin membeli rumah, pasti akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu pilihan untuk membeli rumah inden atau membeli rumah ready stock.

Seperti yang kita ketahui bersama, membeli rumah dengan sistem inden berarti Anda  memesan rumah dari awal, namun rumah tersebut baru akan dibangun saat Anda telah memesannya, dan tentunya tidak bisa ditinggali segera. Sementara membeli rumah ready stock berarti Anda membeli rumah dengan kondisi sudah jadi dan siap untuk ditinggali.

Jika Anda menyempitkan pilihan Anda pada rumah atau perumahan yang menggunakan konsep syariah dan tanpa bank, maka 90 % Anda harus meyakinkan diri Anda untuk memilih rumah secara inden. 🙂

Nah, untuk lebih meyakinkan Anda lagi untuk membeli rumah secara inden, berikut ini akan kami sedikit share mengenai keuntungan-keuntungan untuk jika Anda membeli rumah secara inden.

Inilah Keuntungan Membeli Rumah Secara Inden

1. Anda akan mendapatkan Harga Perdana, selisihnya jauh dari harga ketika rumah sudah jadi.

Ini adalah salah satu rahasia mengapa orang kaya semakin kaya. Yup.. investasi properti atau rumah dikala semuanya masih belum matang. Atau masih lahan kosong.

Termasuk disaat membeli rumah. Rumah inden adalah incaran para investor properti.

Developer biasanya akan mengeluarkan harga perdana disaat semuanya belum jadi secara fisik. Dan ketika saatnya rumah dan lingkungan perumahan tersebut jadi, maka harga yang berlaku biasanya jauh sekali selisihnya jika dibandingkan ketika masih inden.

Maka dari itu, membeli rumah inden merupakan kesempatan Anda jika ingin membeli rumah yang bagus dengan harga bagus pula.

Apabila Anda masih ngotot untuk membeli rumah yang sudah ready stock, tentunya Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar dibandingkan jika Anda memutuskan untuk membeli rumah secara inden.

2. Biasanya ada promo-promo menarik

Ketika menawarkan rumah inden yang belum terlihat wujudnya, tentunya developer akan menyiapkan gimmick-gimmcik atau promo-promo spesial agar penawaran mereka tetap terlihat sebagai penawaran yang sangat baik dan menarik.

Promo-promo tersebut biasanya berbentuk cicilan DP Rumah, bonus jalan-jalan keluar negeri atau paket umroh, bonus kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, atau bahkan bebas mengajukan dan menegosiasikan tipe pembayaran yang Anda inginkan.

Yaa tentunya promo-promo tersebut hanya berlaku ketika penjualan rumah secara inden.

Nah, hal-hal seperti ini juga bisa Anda manfaatkan dengan baik. Jadi, dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan rumah ready stock, Anda tidak hanya mendapatkan rumah. Namun juga bonus-bonus yang sangat menarik dan menggiurkan.

3. Bisa membangun rumah impian Anda benar-benar sesuai seperti yang Anda impikan.

Bagi Anda yang sudah membayangkan secara detail mau seperti apa bentuk, situasi, dan kondisi rumah impian Anda, membeli rumah secara inden adalah keputusan yang sangat disarankan.

Mengapa demikian?

Yes.. Karena membeli rumah secara inden berarti Anda juga bisa mendesain denah rumah sesuai yang Anda dan keluarga impikan dari 0. Sehingga Anda ketika nantinya rumah tersebut sudah jadi, Anda akan merasa bahwa rumah tersebut adalah benar-benar rumah Anda. Istilahnya rumah yang “gue banget”.

Denah, situasi, dan kondisi rumahnya sudah didesain memang benar-benar dengan keinginan sekaligus kebutuhan keluarga Anda. Jadi Anda pun merasa puas dan bahagia akan hasilnya.

Memang sih tidak semua developer menerapkan kebijakan ini. Hanya developer-developer yang mengutamakan kepuasan dan kebahagiaan konsumenlah yang bisa melakukan hal tersebut.

Namun tantangannya bagi Anda adalah mencari developer yang bisa menerapkan kebijakan ini dan tentunya juga terpercaya sudah membangun proyek perumahan lainnya.

Selamat mencari..

4. Kondisi rumah 100% baru

Lebih enaknya lagi, setelah selesai masa pembangunan, Anda akan menikmati rumah yang masih benar-benar baru. Tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh umur dari rumah tersebut.

Salah satu resiko membeli rumah yang ready stock adalah Anda seringkali tidak diberitahu secara jujur berapa lama rumah tersebut telah jadi. Karena semakin lama umur sebuah rumah dan diiringi kurangnya perawatan, maka akan menyebabkan kualitas bangunan tersebut menjadi turun.

Efeknya, Anda harus menyiapkan budget untuk renovasi rumah kembali.

Keuntungan membeli rumah secara inden, ketika jadi, Anda bisa menikmati kondisi rumah tersebut disaat sedang bagus-bagusnya. Atau saat barang-barang material di dalamnya masih baru-barunya.

Jadi Anda pun akan mendapatkan sensasi membeli rumah yang “benar-benar” baru.


Itulah beberapa keuntungan membeli rumah secara inden yang kami paparkan.

Semoga bermanfaat dan tiada lagi keraguan Anda dalam memilih rumah secara syariah dan membelinya dengan sistem inden (pesan dahulu, dibangun kemudian).

Lebih baik sabar menunggu 12 – 24 bulan kan? Daripada Anda ngotot membeli rumah ready stok di developer konvensional, namun tidak mendapat keridhoan Allah SWT.

Wallahu’alam..

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

13 Keuntungan Investasi Properti
views 75
Ada beragam jenis investasi yang biasa digunakan masyarakat, antara lain investasi deposito, investasi emas, atau investasi properti. Dari beberapa je...
Strategi Investasi Properti Bagi Pemula
views 225
Strategi investasi properti bagi pemula - Banyak orang (mungkin termasuk Anda) tertarik untuk berinvestasi di bidang properti. Karena memang investasi...
5 Pertanyaan Yang Harus Anda dan Pasangan Anda Dis...
views 103
Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah minimalis Anda, seringkali Anda tidak sendirian dalam mengambil keputusan tersebut. Anda pasti mengkonsulta...
Investasi Kavling Kampung Kurma di Jonggol –...
views 334
Telah Hadir Investasi Kavling Kampung Kurma  – Alhamdulillah antusiasme masyarakat tentang konsep investasi kampung kurma semakin membesar. Setelah te...
7 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas Yang Harus Anda...
views 202
Kini semakin banyak ditemui perumahan-perumahan yang menawarkan Anda untuk memiliki hunian yang baru dibangun. Terutama di daerah-daerah yang menjadi ...
Buat Apa Sih Beli Rumah Minimalis?
views 93
Seperti yang telah kita ketahui bersama, rumah atau papan adalah kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan akan rumah minimalis yang layak huni dan nyaman. ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *