Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Menyewakan Rumah Minimalis Anda Ke Orang Lain

Apakah Anda telah membeli rumah minimalis, lalu belum berniat menempatinya? Atau Anda termasuk orang yang beruntung yang telah memiliki lebih dari satu rumah? Apabila Anda termasuk orang seperti di atas, menyewakan rumah minimalis Anda akan menjadi pilihan yang menarik. Karena menjanjikan passive income yang lumayan. Sebelum Anda memutuskan untuk menyewakan rumah minimalis Anda, persiapkanlah 7 hal berikut ini.

1. Pahamilah Tanggung Jawab Anda

Langkah pertama sebelum Anda memutuskan untuk menyewakan rumah minimalis Anda adalah menentukan apakah menjadi orang yang menyewakan rumah adalah sebuah tanggung jawab yang bisa Anda tangani. Seberapa siapkah Anda? Banyak sekali manfaaat menyewakan rumah, seperti menghindarkan rumah dari vandalisme akibat rumah yang tidak ditinggali, kemudahan keringanan pajak, kemampuan untuk menghasilkan pendapatan yang mencakup tagihan dan bahkan mungkin menciptakan keuntungan.

Namun menjadi orang yang menyewakan rumah merupakan tanggung jawab yang tidak bisa dianggap ringan pula. Terkadang hal-hal tidak selalu berjalan lancar. Anda tetap harus bertanggung jawab atas perbaikan dan pemeliharaan, mengumpulkan uang sewa, dan juga menganggarkan untuk untuk polis asuransi rumah Anda. Siapkah Anda untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal tersebut?

2. Siapkan Rumah Anda

Saat Anda telah memutuskan untuk menyewakan rumah minimalis Anda, siapkanlah rumah Anda sebaik mungkin. Calon penyewa rumah minimalis Anda tentu akan menelliti segala hal yang ada di rumah Anda.

Bersihkanlah rumah Anda. Pastikan terbebas dari debu dan kotoran-kotoran pada saat calon penyewa ingin survey rumah. Pastikan pula segala peralatan berfungsi optimal dan dalam kondisi baik. Seperti saluran air, saluran listrik, dll.

Buatlah daftar hal-hal yang membuat rumah minimalis Anda terlihat lebih menarik. Perhatikan fitur-fitur umum yang diinginkan seperti AC, garasi, mesin cuci, mesin pengering, dll. Ketersediaan hal-hal tersebut juga dapat meningkatkan nilai sewa rumah minimalis Anda lho.

3. Tentukan Nilai Sewa Pasar

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah tentukan nilai sewa rumah minimalis Anda. Lihatlah lokasi sekitar Anda dan perhatikan nilai sewa rumahnya dan juga spek yang ditawarkan. Calon Penyewa potensial Anda pastinya akan berkeliling-keliling di sekitar lokasi Anda untuk mendapatkan harga sewa dan fasilitas terbaik.

Tentukanlah nilai sewa yang kompetitif. Tak lupa pula untuk mencantumkan hal-hal yang membuat rumah minimalis Anda sangat nyaman untuk dihuni.

4. Seleksi Calon Penyewa Secara Hati-hati

Tentunya Anda tidak mau untuk menyewakan rumah ke sembarang orang kan? Jangan sampai rumah minimalis Anda digunakan untuk hal-hal yang negatif ketika telah disewakan nantinya. Seperti markas teroris atau gudang pengedar narkoba.

Sangat penting untuk membuat daftar dengan isian seperti nama lengkap, nomor identitas, keterangan penghasilan, nomor handphone yang bisa dihubungi dan lain-lain. Kalau diperlukan periksa pula latar belakang kriminalnya.

5. Buat Kontrak

Buatlah kontrak perjanjian sewa-menyewa secara tertulis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hak dan kewajiban masing-masing pihak. Anda sebagai pemilik properti dan juga penyewa rumah minimalis Anda. Hal ini terutama bertujuan untuk melindungi Anda.

Di dalam kontrak perjanjian sewa-menyewa tersebut harus mencakup rincian tentang masa sewa, uang jaminan, tanggal jatuh tempo untuk sewa, tanggung jawab pemeliharaan, serta aturan perilaku (hal-hal yang tidak boleh dilakukan di rumah minimalis Anda). Agar semuasnya jelas dan apabila terjadi masalah di dalam jangka waktu sewa, dapat merujuk kembali ke dalam kontrak yang ditandatangani bersama.

6. Hitung Biayanya

Perhitungkanlah biaya-biaya terkait rumah minimalis yang ingin Anda sewakan. Hal ini seringkali menjadi faktor yang tidak begitu diperhatikan oleh pemilik rumah. Hal ini wajar karena sebagian pemilik rumah menganggap bahwa biaya-biaya terkait perawatan rumah adalah biaya yang dikeluarkan oleh penyewa rumah.

Padahal ada beberapa hal yang memang menjadi kewajiban pemilik rumah apabila ada hal-hal yang tidak berfungsi optimal yang bukan dikarenakan kesalahan penyewa. Tentunya sesuai dengan isi kontrak yang berlaku.

Cadangan untuk biaya-biaya tersembunyi seperti itu yang harus diperhatikan. Agar keuntungan dari menyewakan rumah minimalis Anda dapat Anda rasakan.

7. Asuransikan Rumah Minimalis Anda

Yang terakhir adalah asuransikanlah rumah minimalis Anda. Hal ini juga seringkali terlewatkan dan juga disepelekan oleh pemilik rumah.

Anda tidak pernah tahu hal buruk apa yang bisa terjadi terhadap rumah minimalis Anda. Tidak peduli seberapa ketatnya Anda menyeleksi calon penyewa rumah Anda, hal-hal buruk tetap mungkin saja terjadi pada rumah Anda. Oleh karena itu penting sekali untuk mengasuransikan rumah Anda sebagai pelindung nilai rumah minimalis Anda.

Itulah 7 hal yang harus Anda siapkan sebelum menyewakan rumah minimalis Anda ke orang lain. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang optimal dari nilai sewa rumah minimalis Anda, sekaligus mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi pada rumah minimalis Anda. Karena ketika Anda memutuskan untuk menyewakan rumah Anda, sama halnya Anda juga berbagi tanggung jawab untuk merawat rumah Anda dengan si penyewa rumah.

Jadi sebelum Anda menyewakan rumah minimalis Anda, siapkanlah pemahaman tanggung jawab Anda, kondisi rumah, nilai sewa pasaran, cermat menyeleksi calon penyewa, kontrak sewa-menyewa, perhitungan biaya, dan juga asuransikan rumah minimalis Anda tersebut.
Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda. ^_^

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *