Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syariah? Ini Solusinya!

Solusi agar mampu membayar uang muka di perumahan syariah – Apakah Anda sangat mendambakan untuk memiliki hunian syariah yang penuh keberkahan? Sudah survey lokasi dan sangat cocok dengan lokasinya, namun setelah melihat price list atau daftar harga hanya bisa membatin penuh kekecewaan.

Melihat besarnya DP atau uang muka, langsung merasa tidak berdaya dan tersungkur dalam kepasrahan. Malah hati sedikit tergoda melihat perumahan konvensional sebelah yang menawarkan kemudahan pembayaran uang muka, bahkan ada yang tanpa uang muka sama sekali.  Padahal sudah benar-benar faham bahwa jelas-jelas terdapat jebakan riba di dalamnya.

Apakah Anda pernah mengalami kondisi seperti disebutkan di atas? 🙂

Tak perlu malu untuk mengakuinya. Karena memang begitulah realita yang terjadi di sekitar.

Bahkan ada beberapa pembaca di blog Rumah Syariah Berkah ini yang email langsung ke saya dan curhat masalah uang muka yang belum terjangkau padahal hati ingin sekali memiliki rumah syariah yang tentunya bisa membawa keberkahan di dunia dan akhirat.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda yang saat ini mengalami kondisi dan permasalahan di atas.

Sekilas Tentang Uang Muka di Perumahan Syariah

Mayoritas di beberapa lokasi perumahan syariah saat ini menerapkan kebijakan uang muka senilai 30% dari harga kredit rumah tersebut, bukan dari harga cash atau tunai. Tentunya kebijakan ini sedikit memberatkan calon konsumen. Karena uang muka yang dikeluarkan akan menjadi lebih besar. Apalagi jika dibandingkan dengan perumahan konvensional.

Baca Juga : Bolehkah Membedakan Harga Tunai dan Kredit Dalam Transaksi Syariah?

Nah sekarang kita lihat dari sisi developer. Mengapa mayoritas developer-developer yang mengusung konsep syariah menerapkan kebijakan seperti itu?

Tentunya Anda semua sudah tahu kan bahwa untuk benar-benar menerapkan hunian yang syariah dan tanpa riba, maka developer menghindari untuk bekerja sama dengan bank? Baik itu dari segi pembangunan rumah maupun pembiayaan KPR ke konsumennya.

Artinya, developer hanya mengandalkan kekuatan modal dari internal developernya tersebut dan investor (jika ada) untuk membangun perumahan syariah tersebut. Untuk membangun sebuah rumah yang layak, kini dibutuhkan dana puluhan juta rupiah. Belum lagi infrastruktur yang harus dibuat oleh developer seperti jalan, saluran air, gerbang perumahan, atau tembok keliling. Lalu ditambah lagi dengan aspek perizinan dan legalitas yang tentunya mau tidak mau harus diurus dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga.

Oleh karena itulah, developer membutuhkan sumber dana lain selain dari developer dan investor. Dan tentunya sumber dana tersebut adalah dari para calon konsumen. Agar projek perumahan syariah tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun karena secara cash flow sudah aman. Perizinan dan legalitas bisa disahkan, infrastruktur di dalam perumahan bisa terbangun, dan tentunya rumah syariah penuh keberkahan bisa berdiri dengan tegak. 🙂

Nah, angka 30% itulah adalah titik aman bagi developer agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Jika ada developer properti syariah yang bisa meminimalkan uang muka untuk konsumennya, perlu di gali lebih jauh lagi. Darimana modal untuk membangunnya? Apakah developer tersebut punya modal kuat? Apakah developer tersebut punya investor besar yang mendukung di belakangnya?


Nah, kini Anda sudah tahu kan mengapa uang muka perumahan syariah biasanya sebesar 30 %? Pemahaman ini sangat diperlukan agar Anda tidak lagi mengeluhkan besarnya uang muka yang diterapkan oleh para developer properti syariah. Alih-alih mengeluhkan ketidaksanggupan diri untuk memenuhi kebutuhan uang muka di atas, alangkah lebih mulia memikirkan bagaimana cara agar bisa memenuhi uang muka tersebut untuk mempersembahkan rumah syariah penuh keberkahan untuk keluarga tercinta. Sepakat? 🙂

Nah mari kita membicarakan alternatif-altrnatif solusi untuk Anda bisa membayar uang muka perumahan syariah.

Solusi Untuk Membayar DP Atau Uang Muka di Perumahan Syariah

1. Menabung Rupiah

Anda sudah tahu kira-kira berapa besaran uang muka untuk memiliki hunian syariah idaman Anda. Nah, dari informasi tersebut, Anda sudah bisa mengukur kemampuan diri Anda dan keluarga. Otomatis Anda sudah bisa memperkirakan, dengan penghasilan Anda yang sekarang, kira-kira berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan uang muka tersebut.

Mulailah mendisiplinkan diri untuk menyisihkan penghasilan untuk menabung kebutuhan uang muka tersebut. Mulai tekan keinginan-keinginan Anda untuk memiliki ini itu. Setelah kebutuhan terpenuhi, segera tabung uang tersebut. Jika perlu, pisahkan mana rekening tempat penghasilan Anda terkumpul dan mana rekening khusus tempat menabung uang muka Anda.

Namun, ada kelemahan dibalik metode ini. Yaitu, ketika suatu saat tabungan Anda sudah mencukupi untuk uang muka tersebut, kemungkinan besar harga rumah tersebut sudah naik. Dan otomatis nilai uang mukanya juga meningkat.

Alhamdulillah kini telah hadir beberapa developer properti syariah yang bisa menerapkan program cicilan uang muka. Jadi Anda langsung melakukan pemesanan rumah (walaupun uang Anda belum mencukupi untuk total uang muka) ke developer. Lalu Anda ambil program cicilan DP atau uang muka. Keuntungannya adalah, Anda sudah bisa mengunci harga rumah pada saat ini. Dan Anda menabung biaya uang muka langsung ke developernya. Seperti yang diterapkan pada projek-projek Hasanah Land yang bisa menerapkan cicilan uang muka hingga 24 bulan (2 tahun).

2. Menabung Dinar atau Emas

Hampir sama dengan metode di atas. Bedanya adalah uang yang disisihkan untuk ditabung uang muka, dialihkan untuk membeli Dinar atau Emas.

Keunggulan dari menabung di Dinar atau Emas adalah nilai dari uang Anda yang terlindungi. Jadi ketika harga rumah sudah naik ketika nilai tabungan dinar atau emas Anda sudah mencapai nilai uang muka yang Anda targetkan, tidak akan terlalu berpengaruh.

Jadi logam mulia tersebut melindungi nilai uang Anda. Jadi ketika harga rumahnya sudah naik, tidak akan terlalu terpengaruh.


2 solusi di atas tersebut adalah solusi yang menfokuskan pada penghasilan Anda sendiri. Dimana Anda mengumpulkan penghasilan Anda yang “sudah pasti” Anda dapatkan selama ini. Untuk 3 solusi berikutnya akan berfokus pada bagaimana Anda menambah penghasilan Anda saat ini, agar mempercepat tercapainya impian Anda dan keluarga memiliki rumah yang penuh keberkahan. Semakin menarik bukan? 🙂

 3. Mendapatkan tambahan penghasilan dari perkembangan usaha/bisnis Anda

Tips ini khusus bagi Anda yang telah berbisnis. Anda harus memacu diri dan bisnis Anda agar semakin berkembang. Demi memperoleh tambahan penghasilan, tentunya Anda harus bisa mengembangkan bisnis Anda agar lebih maksimal lagi.

Tentunya impian untuk segera bisa memiliki rumah syariah bisa menjadi faktor pendorong yang bisa memotivasi diri Anda agar lebih baik dalam pengembangan bisnis Anda. Silahkan klik dan simak ilmu atau strategi untuk pengembangan bisnis atau usaha Anda pada link berikut : strategi pengembangan bisnis yang powerful

4. Mendapatkan tambahan penghasilan melalui dunia internet

Di era informasi dan era internet sekarang ini sungguh peluang bertebaran dimana-mana. Anda akan sangat mudah menemukan peluang penghasilan tambahan melalui dunia internet. Tentunya jika Anda tahu dan faham tempat yang tepat dimana mencari peluang tersebut.

Enaknya mencari tambahan penghasilan dari internet adalah, Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan Anda yang sekarang. Artinya, Anda tidak harus melepas penghasilan rutin bulanan yang Anda miliki sekarang, untuk kemudian fokus usaha. Tapi Anda bisa mengerjakannya setelah masa kerja utama Anda selesai.

Ditambah lagi potensi pendapatannya yang lumayan menggiurkan. Tentunya hal ini bisa lebih mempercecpat keinginan Anda untuk memiliki hunian syariah. Dan segera memenuhi persyaratan uang muka yang disyaratkan oleh developer properti syariahnya.

Silahkan klik gambar di bawah ini untuk mendapatkan ilmu tentang mencari penghasilan melalui dunia internet.

strategi-mendapatkan-online-income-40-juta-per-bulan

atau bisa klik link berikut ini : online internet side income

5. Meningkatkan karir di perusahaan Anda

Jika Anda termasuk orang yang merasa berat mengerjakan atau mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama Anda, solusi ini cocok untuk Anda.

Ya, untuk bisa memenuhi target DP atau Uang Muka yang disyaratkan oleh developer properti syariah dengan pekerjaan utama Anda saat ini, tak ada jalan lain selain dengan bekerja sepenuh hati agar mendapatkan peningkatan karir. Karir yang meningkat, otomatis juga akan meningkatkan pendapatan Anda.

Berusaha memberikan yang terbaik dari Anda pada perusahaan. Jika bisa, berikan lebih dari yang diharapkan oleh perusahaan. Waktu akan menjawab usaha, kegigihan, dan juga ketulusan pengabdian Anda bagi perusahaan. Dan perusahaan akan mengapresiasikannya kemudian.

Tentunya, semua hal tersebut ada ilmunya dan bisa Anda pelajari disini : ilmu management skills yang powerful

Anda akan belajar bagaimana meningkatkan produktivitas kerja Anda di kantor, dan ilmu-ilmu pengembangan skill manajemen Anda yang lainnya.

Harapannya, Anda bisa meningkatkan produktivitas Anda di kantor dan seiring dengan itu, perkembangan karir akan bisa meningkat pula. Dan impian Anda dan keluarga untuk memiliki hunian syariah akan segera terwujud.


Itulah tips dan solusi bagi Anda yang menghadapi masalah pembayaran DP atau Uang Muka di perumahan syariah. Tentunya, ditambah dengan kekuatan doa yang terus dipanjatkan setiap hari dan juga kesungguhan hati yang kuat untuk tetap terus mengembangkan diri dan potensi, impian untuk memiliki hunian syariah tersebut akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun, yang perlu diingat dan dicamkan baik-baik adalah, apapun keadaannya, janganlah putus asa dan hilang harapan. Kemudian tergoda dengan program keringanan DP dari perumahan konvensional sebelah.

Ingatlah sahabat, bahwa rahmat Allah SWT sangat besar dan tak layak ditukar dengan pemahaman “yang penting bisa punya rumah.” Di hadapan Allah SWT, lebih mulia mengontrak daripada punya rumah duniawi dengan transaksi ribawi. Wallahu’alam.

Semoga bermanfaat dan silahkan di share. Siapa tahu teman atau sahabat Anda membutuhkan informasi berikut ini. 🙂

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

Awali Hidup Sehat Dari Dapur Anda
views 132
Tanpa kita sadari, gaya hidup sehat (green living) sebenarnya sudah lama diterapkan. Jauh sebelum kampanye hijau ramai digaungkan, para arsitek dan de...
10 Keunggulan Investasi Properti di Algira Propert...
views 175
10 keunggulan investasi di Algira Properti - Setelah tahu 5 keunggulan pertama investasi di Algira properti, Anda tentunya sudah semakin yakin untuk b...
Belum Juga Memiliki Rumah? Jangan-jangan Ini Penye...
views 124
Mahalnya harga rumah seringkali menjadi alasan utama yang menjadi penyebab orang tidak memutuskan untuk membeli rumah. Sebenarnya, jika mau di telaah ...
10 Keunggulan Investasi Properti di Algira Propert...
views 204
10 keunggulan investasi properti di Algira properti - Sudah bukan rahasia lagi jika investasi properti adalah pilihan investasi terbaik dibandingkan d...
Tips Membangun Rumah Impian Anda
views 126
Tips membangun rumah impian - Berikut ini adalah infografis mengenai tips membangun rumah impian Anda. Tentunya tips ini cocok untuk Anda yang mau ber...
Ini 4 Jenis Sertifikat Properti Yang Wajib Anda Ke...
views 150
Jenis Sertifikat Properti - Kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang surat kepemilikikan Properti atau yang biasa disebut Sertifikat. ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

One thought to “Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syariah? Ini Solusinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *