Tips Jadikan Rumah Anda Tetap Nyaman Di Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia telah tiba. Dan diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Dampak dari tingginya curah hujan pun beragam. Mulai dari ancaman banjir, terjebak hujan, hingga kenyamanan tinggal di rumah.

Ya, memang benar. Musim hujan pada umumnya membuat orang cenderung lebih lebih memilih lebih lama tinggal di rumah. Biasanya waktu di rumah yang lebih lama tersebut digunakan untuk bersantai atau melakukan kegiatan lainnya. Tapi menunggu hujan reda pun terkadang cukup membosankan.

Baca Juga : [Infografis] Tips Membangun Rumah Impian Anda 

Nah, di situlah pentingnya kenyamanan rumah. Rumah yang terasa nyaman akan membuat lebih betah tinggal di dalam rumah tersebut. Sebaliknya, rumah yang tidak nyaman akan membuat orang rumah tidak betah berlama-lama di rumah saat hujan turun. Misalnya dari kondisi udara yang lembab ataupun tak tahu mau melakukan apa di rumah.

Nah, jika Anda pernah mengalami hal seperti ini, tak ada salahnya Anda mencoba tips berikut ini. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah nyaman saat hujan yang bisa segera Anda terapkan.

Tips Menjadikan Rumah Tetap Nyaman di Musim Hujan

1. Ubahlah Letak Perabotan di Kamar

Di saat musim hujan yang sering terasa dingin dengan cuaca mendung akan membuat Anda sebagai penghuni rumah senang bermalas-malasan. Untuk mengoptimalkan waktu ini, Anda bisa sedikit mengubah suasana kamar.

Misalnya membuatnya lebih nyaman dan menyenangkan dengan memindahkan posisi kasur ke dekat jendela. Selain itu, simpan sejumlah pernak-pernik yang mengganggu, agar ruangan kamar terasa luas dan rapi.

2. Jaga Ruangan Tetap Terang

Saat hujan turun, kondisi cuaca cenderung gelap dan tampak lebih suram. Untuk itu, pastikan di dalam rumah tetap terang dan nyaman untuk ditinggali. Yaitu dengan mengoptimalkan pencahayaan.

Baca Juga : 6 Cara Ampuh Mengecat Rumah Tanpa Tukang

Misalnya khusus di saat musim hujan, Anda bisa mengganti bohlam lampu dengan tipe warm white yang memberikan pencahayaan baik dan nyaman di mata. Selain itu, jangan lupa sediakan lilin, untuk berjaga-jaga jika ada pemadaman listrik.

3. Cegahlah Kelembaban Ruangan

Turunnya hujan cenderung membuat penghuni lebih sering menutup pintu dan jendela. Tapi ketika hujan telah reda, sebaiknya jangan lupa untuk segera membuka pintu dan jendela yang tertutup tersebut. Alasannya agar udara segar masuk ke dalam rumah.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menghindari kondisi lembab dan pengap di dalam rumah. Sebaiknya Anda juga tidak menyimpan tanaman hidup di dalam rumah pada saat musin hujan. Karena keberadaan tanaman hidup itu membuat udara di dalam rumah bisa semakin lembab. Seperti diketahui, kondisi rumah lembab kurang baik untuk kesehatan.


Itulah sedikit tips untuk membuat rumah Anda semakin nyaman, terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Sumber : Rumahku.com

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

6 Cara Ampuh Mengecat Rumah Sendiri Tanpa Tukang
views 122
Apakah Anda merasa suasana rumah Anda membosankan? Ingin mengganti suasana rumah Anda dengan suasana baru? Mengganti warna cat dinding rumah bisa menj...
Tips Membangun Rumah Impian Anda
views 126
Tips membangun rumah impian - Berikut ini adalah infografis mengenai tips membangun rumah impian Anda. Tentunya tips ini cocok untuk Anda yang mau ber...
Ini 4 Jenis Sertifikat Properti Yang Wajib Anda Ke...
views 150
Jenis Sertifikat Properti - Kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang surat kepemilikikan Properti atau yang biasa disebut Sertifikat. ...
Awali Hidup Sehat Dari Dapur Anda
views 132
Tanpa kita sadari, gaya hidup sehat (green living) sebenarnya sudah lama diterapkan. Jauh sebelum kampanye hijau ramai digaungkan, para arsitek dan de...
Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran
views 190
Tak terasa lebaran hampir tiba. Salah satu momen yang paling ditunggu disaat lebaran adalah momen mudik alias pulang kampung. Bagi para perantau momen...
Belum Mampu Membayar Uang Muka di Perumahan Syaria...
views 1.0k
Solusi agar mampu membayar uang muka di perumahan syariah - Apakah Anda sangat mendambakan untuk memiliki hunian syariah yang penuh keberkahan? Sudah ...

Comments

comments

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *