Ini 4 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Beli Rumah Daripada Sewa

Ada kalanya lebih baik bagi seseorang untuk menyewa rumah, tetapi seringkali memiliki rumah lebih banyak manfaat dan keuntungannya. Ketika mempertimbangkan membeli rumah, Anda perlu menilai keuntungan dan kerugianya untuk diri Anda sendiri. Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda akan berpendapat memiliki rumah lebih banyak keuntungannya.


4 alasan utama mengapa anda harus beli rumah daripada sewa




Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada banyak manfaat baik bagi pemilik rumah di perumahan dan juga komunitas yang terbentuk di dalamnya. Yaitu termasuk peningkatan pendidikan bagi anak-anak dan juga tingkat kehamilan usia remaja yang lebih rendah. Selain itu, berikut ini adalah beberapa keuntungan utama memiliki rumah impian Anda sendiri.

Biaya Kredit Rumah Lebih Stabil

Pembayaran sewa tidak dapat diprediksi dan biasanya meningkat setiap tahun. Tetapi pembayaran KPR ( Kredit Pemilikan Rumah ) cenderung tidak berubah signifikan untuk jangka waktu pinjaman secara keseluruhan. Jika pajak ataupun suku bunga acuan naik, kenaikan biasanya bertahap dan sesuai juga dengan kenaikan tingkat suku bunga acuan tersebut. Bahkan jika Anda menggunakan fasioitas KPR dari Bank Syariah, angsuran KPR Anda tidak berubah sampai lunas.

Bisa Mendapatkan Uang

Jika Anda telah mengansur KPR dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat mengajukan pembiayaan kembali kepada Bank tempat Anda KPR dengan menggunakan fasilitias refinancing. Hal ini memungkinkan karena Anda telah mengansur dan mengurangi pokok pembiayaan Anda, dan di lain sisi, nilai rumah Anda tentu semakin tinggi jika dibandingkan saat di awal Anda membelii rumah. Jadi Bank akan menilai ulang rumah Anda dengan acuan nilai pasar rumah Anda yang berlaku saat ini.

Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk merenovasi rumah Anda, membeli barang-barang yang Anda butuhkan, ataupun melunasi cicilan lain (jika ada). Kesempatan ini tidak akan Anda miliki jika Anda masih menyewa rumah.

Menambah nilai Aset Anda

Alih-alih pembayaran Anda menjadi pendapatan bagi orang lain, Anda sedang menabung nilai Aset di rumah Anda sendiri. Hal ini seringkali menjadi salah satu aset investasi terbesar seseorang. Setiap tahun, cicilan yang Anda bayar lebih ke arah pokok, yaitu uang yang bisa Anda dapatkan kembali ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah tersebut. Hal ini seperti memiliki rekening tabungan yang tumbuh lebih cepat semakin lama Anda memilikinya.

Seperti layaknya uang di saku Anda. Anda kemudian dapat menggunakan nilai aset ini untuk merencanakan tujuan masa depan seperti pendidikan anak Anda ataupun masa pensiun Anda. Jika Anda menyewa, pastinya uang Anda hilang ketika masa sewa Anda berakhir.

Ini Rumah Anda !

Bagi Anda yang memiliki rumah, Anda memegang kendali sepenuhnya akan hunian yang Anda tempati. Anda leluasa untuk menghias dan merenovasi dengan cara apapun yang Anda inginkan. Anda juga dapat memiliki satu atau dua hewan peliharaan kesayangan. Tidak ada yang memeriksa rumah Anda dan mengancam untuk mengusir Anda.

Itulah 4 alasan utama mengapa Anda harus membeli rumah daripada menyewanya. Semoga dapat menjadi tambahan wawasan bagi kita bersama. Dan untuk Anda yang masih dalam posisi menyewa rumah, bisa menguatkan niat Anda untuk segera membeli rumah impian Anda sendiri.

Salam 🙂


Baca Juga :

3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Minimalis

 

NOTE:
Mau update tips seputar rumah syariah dan juga inspirasi & motivasi Islami yang mencerahkan langsung melalui smartphone Anda? Invite PIN BBM: 5F4BA988. Dapatkan inspirasi yang menarik langsung melalui smartphone Anda setiap minggunya.

Artikel Terkait

10 Keunggulan Investasi Properti di Algira Propert...
views 298
10 keunggulan investasi properti di Algira properti - Sudah bukan rahasia lagi jika investasi properti adalah pilihan investasi terbaik dibandingkan d...
Anda Mau Beli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap? Per...
views 5.8k
Anda tentunya sudah tau bahwa untuk memiliki rumah ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Metode-metode tersebut antara lain adalah deng...
5 Pertanyaan Yang Harus Anda dan Pasangan Anda Dis...
views 187
Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah minimalis Anda, seringkali Anda tidak sendirian dalam mengambil keputusan tersebut. Anda pasti mengkonsulta...
7 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas Yang Harus Anda...
views 370
Kini semakin banyak ditemui perumahan-perumahan yang menawarkan Anda untuk memiliki hunian yang baru dibangun. Terutama di daerah-daerah yang menjadi ...
Investasi Hunian Dengan Passive Income
views 366
Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah investasi hunian islami dengan passive income sebelumnya? Jika belum, maka sebaiknya Anda membaca artike...
Ragu Membeli Rumah Inden? Pahami Keuntungan Membel...
views 524
Keuntungan membeli rumah inden - Hingga saat ini, properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Salah satu jenis properti...

Nasuha Alhuda

Selain aktif di bisnis properti, aktif juga di bisnis fashion. Juga menjadi blogger di eksisbisnis.com. Sukses dunia akhirat bukan pilihan, melainkan tujuan yang harus diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *